dasbor

Minggu, 16 Januari 2011

CARA SETEM GITAR



Cara Praktis Stem Gitar...


Cara Praktis Stem Gitar
Menyetem senar secara akurat pada gitar yang kita miliki sangatlah penting. Tentu saja, kita akan kesulitan saat memainkan komposisi musik jika gitar yang kita mainkan fals atau sumbang. Selain kurang enak didengar, hal ini juga akan membuat kita menjadi kurang peka terhadap nada. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu kita menyetem gitar.


Steman yang standar (440) pada gitar haruslah disesuaikan dengan membandingkan dengan peralatan stem yang kuat dan presisi. Misalnya tuner, garpu stem, pitch pipe, atau bisa juga dengan menyamakan nada dengan alat instrumen seperti piano atau keyboard. Tetapi, jika kita sudah terbiasa, feeling pendengaran kita bisa menjadi alat stem yang diandalkan.
Stem Dengan Alat Elektronik Tuner
Tuner sangatlah membantu bagi para pemain gitar seperti kita. Hahaha, narsis... Dengan alat ini, seorang gitaris tidak perlu bersusah payah menstem gitarnya saat bermain, karena tuntunan dan tampilannya sudah serba elektronik dan digital.

Banyak produsen pembuat tuner seperti Boss, Korg, Zoom, dan yang lainnya bersaing mengeluarkan produk tuner yang sangat akurat.

Umumnya, pengoperasiannya didukung dengan power dan baterai 9 volt didalamnya, atau dengan menggunakan adaptor arus listrik DC 9 volt.



Cara Praktis Stem Gitar
Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, janganlah memakai baterai yang sudah lemah. Sebab, kondisi tersebut akan mempengaruhi peak pada tuner dan akan kepresisian-nya akan berkurang. Untuk penggunaannya, pasang jek kabel gitar menuju lubang input tuner dan kemudian stel knob tuner ke nada E senar 1.

Volume gitar dibuka penuh, lalu petik sekali pada senar tersebut, stem hingga jarum atau lampu indikatornya menunjukkan pas di angka "440". Pastikan posisinya harus tepat, kemudian seterusnya dilanjutkan samapi senar 6.

Jika kita belum mempunyai tuner, kita juga bisa mencoba dengan alternatif lain. Misalnya, dengan menyamakan steman gitar kita dengan alat instrumen lain seperti piano, keyboard, biola, atau harmonika. Namun, pastikan dulu instrumen tersebut sudah diset dalam steman yang sudah standar.
Menyetem Dengan Persamaan Senar
Ada satu lagi cara stem yang paling mudah dan murah meriah. Yaitu, melakukannya sendiri dengan menyamakan bunyi senar-senar pada fretboard atau dengang feeling pendengaran. Caranya, stem senar 1 lepas (open string) "E" dengan menyamakan dengan senar 2 fret ke lima.

Petik keduanya secara bersamaan! Suara kedua senarnya harus sama! Lalu, stem senar 2 (open string) "B" dengan senar 3 fret ke empat. Untuk senar ke 3 dan seterusnya, ulangi langkah pada senar ke 1!
Update: Stem Gitar Online kita sudah bisa anda nikmati. Nikmati toolsnya disini, "Stem Gitar Online".
Jadi, sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat... Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar